Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Peta Konsep Menggunakan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Fluida Kelas XI SMA

Nurwahyuni, Tia (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Peta Konsep Menggunakan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Fluida Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_TIA_NURWAHYUNI_16033064_1114_2021.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi karena masih kurangnya sumber belajar yang digunakan untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan minat peserta didik dalam mempelajari pelajaran fisika di sekolah, yang berdampak pada rendahnya minat dan kemampuan berpikir peserta didik pada pelajaran fisika. Oleh sebab itu, peneliti mencoba mengembangkan bahan ajar fisika berbasis peta konsep menggunakan model creative problem solving (CPS) sebagai upaya untuk menarik minat dan melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam mempelajari fisika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar fisika berbasis peta konsep menggunakan model CPS yang valid digunakan. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D dari Thiagarajan dengan 4 tahapan utama yaitu Define (Pendefenisisan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dissiminate (Penyebaran). Namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai 3 tahapan awal, sehingga untuk tahap Dissiminate tidak dilakukan. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian ini berupa bahan ajar fisika berbasis peta konsep menggunakan model creative problem solving pada materi Fluida. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket lembar validitas yang diisi oleh 3 orang doesn ahli yang kemudian hasil validasi tersebut akan dianalisis menggunakan persamaan momen kappa (k) untuk mengetahui tingkat kevalidan dari bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis menggunakan momen kappa (k), bahan ajar yang dikembangkan tersebut memperoleh hasil rata-rata momen kappa sebesar 0.62 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat diartikan bahan ajar fisika berbasis peta konsep menggunakan model creative problem solving pada materi fluida untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik valid digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:31
Last Modified: 29 Sep 2021 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34174

Actions (login required)

View Item View Item