Pengaruh Kombinasi Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Limbah Ikan Nila iOreochromis niloticus) dan AB Mix Terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) dengan Teknik Hidroponik

Yunita, Sri Tuti (2021) Pengaruh Kombinasi Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Limbah Ikan Nila iOreochromis niloticus) dan AB Mix Terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) dengan Teknik Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SRI_TUTI_YUNITA_17032076_2111_2021.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Limbah ikan nila merupakan limbah yang belum banyak dimanfaatkan secara maksimal. Limbah ikan nila jika diolah dapat menghasilkan pupuk organik cair (POC) yang dapat digunakan dalam pertanian. Nutrisi Ab mix merupakan larutan yang mengandung unsur hara makro dan mikro yang berfungsi sebagai nutrisi tanaman. Selada merupakanjenis tanaman holtikultura yang memiliki nilai gizi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi di Indonesia lahan pertanian semakin terbatas. Sehingga digunakan altematif lain untuk memproduksi tanaman selada dengan memanfaatkan lahan sempit yaitu dengan teknik hidroponik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kombinasi pupuk organik cair berbahan dasar limbah ikan nila ( Oreochromis niloticusi dan AB mix terhadap pertumbuhan tanaman selada iLactuca saliva L.) dengan teknik hidroponik. Penelitian dilaksanakan di Rumah Kawat Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu P 1 (0% POC + 100% AB mix), P2 (25% POC + 75% AB mix) dan P3 (50% POC + 50% AB mix), P4 (75% POC + 25% AB mix), dan P5 (100% POC + 0% AB mix) dengan 5 ulangan, sehingga diperoleh 25 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pupuk organik cair (POC) limbah ikan nila dan AB mix memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman selada tLactuca saliva L.) dengan teknik hidroponik. Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan Pl (0% POC +100% AB mix). Kombinasi POC limbah ikan nila yang paling baik didapatkan pada perlakuan P3 (50% POC + 50% AB mix) tetapi belum mampu memberikan pertumbuhan yang optimum seperti AB mix.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:30
Last Modified: 29 Sep 2021 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34170

Actions (login required)

View Item View Item