Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Arifah, Nur (2021) Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NUR_ARIFAH_16061082_132_2021.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelian ini merupakan kesulitan siswa dalam memahami materi yang tidak hanya berupa teori bahkan juga perhitungan yang membuat siswa lebih berfikir kritis untuk memahami pelajaran. Selain itu tidak didukung oleh media pembelajaran yang interaktif untuk memahami materi Estimasi Biaya Konstruksi. Tujuan dari penelitian ini merupakan mengetahui pengaruh penggunaan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di kelas Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen denganrancangan Non Equivalent Control Group. Rancangan penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas XI DPIB rombel A selaku kelas eksperimen dan XI DPIB sebagai kelas kontrol. Data yang didapat merupakan hasil pretest siswa sebelum diberikan tindakan dan posttest setelah dilakukan tindakan. Perhitungan hipotesisdengan menggunakan uji-t memperoleh thitung sebesar 3.609, dimana nilai tersebut lebih besar dari ttabel sebesar 2.039, menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.Demikianlah dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi Powtoon dengan yang tidak menggunakan pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi kelas XI DPIB diSMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:30
Last Modified: 29 Sep 2021 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34168

Actions (login required)

View Item View Item