Strategi Pengembangan Sarana dan Prasarana di Objek Wisata Puncak Jonjang Kambiang Nagari Batu Manjulur Kabupaten Sijunjung.

Muhardi, Muhardi (2021) Strategi Pengembangan Sarana dan Prasarana di Objek Wisata Puncak Jonjang Kambiang Nagari Batu Manjulur Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MUHARDI_18135366_1859_2021.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berbagai permasalahan terkait dengan Sarana dan Prasarana. Penelitian ini terdiri dari 6 indikator yaitu villa, Rumah Makan, Sarana Rekreasi (flying fox, gantole dan gazebo), Souvenir/cinderamata, Jalan, Telekomunikasi di Objek Wisata Puncak Jonjang Kambiang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Strategi Pengembangan Sarana dan Prasarana Objek Wisata Puncak Jonjang Kambiang, mengetahui gambaran strategi EFAS dan IFAS dan mendeskripsikan faktor eksternal dan internal SWOT di Objek Wisata Puncak Jonjang Kambiang dengan menggunakan matrik SWOT. Jenis penelitian ini yaitu penelitian desktiptif menggunakan metode survei dengan jenis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini terdiri dari: 2 orang Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung, 1 orang Wali Nagari Batu Manjulur, 1 orang Pokdarwis Batu Manjulur, 3 orang Pengunjung Objek Wisata Puncak Jonjang Kambiang, 2 orang Masyarakat di sekitar Objek Wisata Puncak Jonjang Kambiang, 1 orang Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung. Berdasarkan hasil penelitian Strategi Pengembangan Sarana dan Prasarana Di Objek Wisata Puncak Jonjang Kambiang yaitu: 1) Memanfaatkan lahan yang kosong untuk dijadikan villa dengan struktur yang kuat dengan desain yang menarik seperti pondok –pondok bergonjong. 2) Mendaftarkan penginapan villa di salah satu aplikasi penyedia jasa penginapan seperti Traveloka, OYO, Trivago dan lain-lain. Sebagai media promosi. 3) Membangun dan memanfaatkan Rumah Makan di lahan yang tersedia. 4) Mengembangkan sarana rekreasi (flying fox, gantole serta gazebo) di lahan yang tersedia. 5) Mengadakan outbound atau acara lain yang menyangkut dengan sarana rekreasi yang akan dikembangkan dengan mengadakan paket wisata permainan. 6) Membangun tempat Souvenir di lahan yang tersedia dan semenarik mungkin dengan bentuk rumah gadang dan desain Puncak Jonjang Kambiang. 7) Membuat Souvenir dengan melibatkan masyarakat Nagari Batu Manjulur sebagai pemasok Souvenir. 8) Melakukan negosiasi dengan Dinas Pekerjaan Umum agar memperbaiki kondisi jalan menuju Objek Wisata Puncak Jonjang Kambiang. 9) Melakukan pengembangan Jaringan Telekomunikasi berkerja sama dengan operator semua jaringan untuk Objek Wisata Puncak Jonjang Kambiang.10) Membuat pos keamanan yang dijaga oleh security agar selalu aman. 11) Membuat terasering agar mengurangi potensi terjadinya longsor. 12) Memagari tower agar tidak diganggu, baik oknum yang jahat atau hewan liar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:30
Last Modified: 29 Sep 2021 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34164

Actions (login required)

View Item View Item