Analisa Kestabilan Lubang Bukaan Ditambang Bawah Tanah Berdasarkan Pengklasifikasikan Geomekanika (RMR-System) pada Penambangan Galena di PT. Berkat Bhinneka Perkasa (BBP) Pangkalan Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Nengsih, Novriani (2021) Analisa Kestabilan Lubang Bukaan Ditambang Bawah Tanah Berdasarkan Pengklasifikasikan Geomekanika (RMR-System) pada Penambangan Galena di PT. Berkat Bhinneka Perkasa (BBP) Pangkalan Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_NOVRIANI_NENGSIH_15137065_2088_2021.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Pada penambangan tambang bawah tanah galena PT.Berkat Bhinneka Perkasa menggunakan penyangga dari beton (shortcrete), Dimana pemasangan penyangga tidak sepanjang lubang terowongan yang dibuatnya. Pada saat ini penggalian tunnel I telah dilakukan sepanjang 135 m, tetapi penyanggaan yang dipasang perusahaan dari mulut terowongan hanya sepanjang 10 m tanpa mempertimbangkan karakteristik batuannya, sehingga tidak diketahui berapa nilai dari FKlubang bukaan tersebut.Penelitian ini dilakukan untuk menentukan kelas massa batuan, klasifikasi massa batuan menggunakan metode RMR, mengetahui kekuatan batuan di tunnel I PT.BBP Pangkalan, mendapatkan nilai stand up time dan span penyangga sebagai acuan penginstalasian penyangga lubang tambang, mendapatkan rekomendasi system penyanggaan yang sesuai berdasarkan hasil grounsuppport RMR (Bieniawski 1989) pada tunnel I. Dari pengukuran beberapa parameter metode RMR diperoleh, pada tunnel I untuk batuan Galena berada pada kelas II (good rock) dengan nilai RMR batubara sebesar 65.Berdasarkan pengolahan Undwedge Software menggunakan metode ground support RMR terjadi peningkatan nilai FK, dari 1.130 menjadi 2.481.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:29
Last Modified: 29 Sep 2021 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34163

Actions (login required)

View Item View Item