Pengaruh Kayu Manis Cinnamomum burmannii) terhadap Ekspresi Gen Daz (Deleted in Azoospermia) pada Sperma Men Cit (Mus mus cul us)

Sari, Ratna Nila (2021) Pengaruh Kayu Manis Cinnamomum burmannii) terhadap Ekspresi Gen Daz (Deleted in Azoospermia) pada Sperma Men Cit (Mus mus cul us). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RATNA_NILA_SARI_17032038_3817_2021.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Spermatogenesis merupakan suatu proses pertumbuhan dan perkembangan sel­ sel spermatogenik menghasilkan spermatozoa, yang terjadi di tubulus seminiferus testis. Gen yang berperan penting dalam proses spermatogenesis adalah gen DAZ (Deleted in Azoospermia). Kegagalan spermatogenesis dapat menyebabkan buruknya kualitas dan kuantitas spema seperti tidak ditemukannya spermatozoa pada cairan semen (azoospermia). Kegagalan disebabkan oleh tingginya kadar Reactive Oxygen Species (ROS) dan radikal bebas yang mampu meningkatkan stress oksidatif. Upaya mengurangi resiko kerusakan adalah dengan mengkonsumsi Cinnamomum burmannii. C. burmannii mengandung senyawa antioksidan seperti senyawa trans­ sinamaldehid, oleoresin, fenol dan polifenol (tanin dan flavonoid) serta minyak atsiri yang mampu menangkap radikal bebas dan mengurangi kerusakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak kulit kayu manis ( Cinnamomum burmannii) terhadap ekspresi gen DAZ (Deleted in Azoospermia). Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan pada 30 ekor mencit yang diberi perlakuan selama 4 minggu. Mencit dibagi menjadi 3 kelompok perlakuan. Setiap kelompok terdiri dari 10 ekor ulangan. Sperma diisolasi menggunakan Quick-RNA™Minirep Plus Kit dari Zymo Research. Selanjutnya pembuatan cDNA menggunakan SensiF AST cDNA Synthesis Kit. Tingkat ekspresi gen diketahui dengan metode rt­PCR dengan menggunakan SensiFAST™ SYBR NO­ROX kit. Primer didesain menggunakan software Geneious Prime. Tingkat ekspresi dinormalisasi menggunakan Housekeeping gene (~­actin). Data dianalisis dengan ragam satu arah (one way ANOV A) dilanjutkan dengan uji lanjut HSD dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit kayu manis ( Cinnamomum burmannii) berpengaruh (p<0,05) meningkatkan ekspresi gen DAZ (Deleted in Azoospermia). Konsentrasi yang paling efektif adalah konsentrasi P2 (150 mg/kgBB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:24
Last Modified: 29 Sep 2021 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34155

Actions (login required)

View Item View Item