Kontribusi Hasil Belajar Produk Kreatif Kewirausahaan dan Kecerdasan Emosional terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMKN 1 Kinali

Imelda, Imelda (2021) Kontribusi Hasil Belajar Produk Kreatif Kewirausahaan dan Kecerdasan Emosional terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMKN 1 Kinali. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_IMELDA_1100023_714_2021.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Minat berwirausaha siswa kelas XI di SMKN 1 Kinali masih tergolong rendah, 2) Rendahnya kecerdasan emosional yang dimiliki siswa, 3) Hasil belajar Produk Kreatif Kewirausahaan siswa banyak yang berada di bawah standar ketuntasan minimum yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengungkap kontribusi hasil belajar Produk Kreatif Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMKN 1 Kinali, 2) Mengungkap kontribusi kecerdasan emosional terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMKN 1 Kinali, 3) Mengungkap kontribusi hasil belajar Produk Kreatif Kewirausahaan dan kecerdasan emosional secara simultan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMKN 1 Kinali. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kinali pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMKN 1 Kinali. Teknik pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa data normal, linier dan tidak terjadi multikolinieritas. Hasil penelitiannya yaitu: 1) Terdapat kontribusi hasil belajar produk kreatif kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMKN 1 Kinali sebesar 28,8%, 2) Terdapat kontribusi kecerdasan emosional terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMKN 1 Kinali sebesar 48,9%, 3) Terdapat kontribusi hasil belajar produk kreatif kewirausahaan dan kecerdasan emosional terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMKN 1 Kinali sebesar 52,7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:24
Last Modified: 29 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34154

Actions (login required)

View Item View Item