Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP

Humairah, Hanifah (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_HANIFAH_HUMAIRAH_18205013_617_2021.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi literatur dan analisis pendahuluan yang dilakukan di sekolah SMPN 25 Pekanbaru diperoleh informasi bahwa pada saat ini masih banyak guru yang membuat perangkat pembelajaran hanya sebagai syarat administrasi sekolah. Perangkat pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sudah dirancang tetapi belum sesuai dengan Permendikbud No 22 tahun 2016. Disamping itu guru mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 terutama dalam membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu investigasi awal (preliminary investigation), tahapan pembuatan prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (assessment phase). Pada tahap preliminary investigation dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis karakteristik peserta didik. Pada tahap prototyping stage dilaksanakan evaluasi formatif yang terdiri atas self-evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group, dan field test. Namun, sehubungan dengan pendemi Covid-19 tahap evaluasi formatif hanya sampai small group saja. Perangkat yang dikembangkan adalah RPP dan LKPD berbasis Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 25 Pekanbaru. Data dikumpulkan dengan dokumentasi virtual, observasi, wawancara, angket, dan tes. Data dari hasil observasi, angket dan tes dianalisis secara kuantitatif yang diperkuat dengan hasil dokumentasi virtual yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD matematika berbasis Discovery Learning untuk kelas VII SMP semester 2 yang dihasilkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Valid dari aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Praktis dari segi keterlaksanaan, waktu, kemudahan dalam pengunaan dan efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika layak untuk dijadikan bahan rujukan dalam pembelajaran matematika khususnya materi garis dan sudut kelas VII SMP

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:22
Last Modified: 29 Sep 2021 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34145

Actions (login required)

View Item View Item