Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) Sebagai Upaya Pencegahan KecelakaanKerja (Studi Kasus: Workshop Konstruksi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang)

Syahrit, Nadhilah (2021) Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) Sebagai Upaya Pencegahan KecelakaanKerja (Studi Kasus: Workshop Konstruksi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NADHILAH_SYAHRIT_16323010_486_2021.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengendalian risiko denganmetode JSA sesuai dengan risiko bahaya yang ditemukan pada penelitian sebelumya. Dari penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa pengendalian yang dapat diterapkan pada Workshop Konstruksi Jurusan Teknik Sipil FT UNP. Penetapan ini disesuaikan dengan hirarki pengendalian risiko yaitu Eliminasi, Substitusi, Rekayasa Teknik, Administrasi dan APD. Pada Workshop Konstruksi Jurusan Teknik Sipil FT UNP pengendalian risiko bahaya kecelakaan kerja belum diterapkan dan dilaksanakan dengan baik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan data secara observasi dan wawancara. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Maka dapat disimpulkan bahwa Workshop Konstruksi Jurusan Teknik Sipil FT UNP seharusnya menerapkan pengendalian risiko untuk mengurangi kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:20
Last Modified: 29 Sep 2021 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34138

Actions (login required)

View Item View Item