Pengembangan E-book Edupark IPA dengan Pendekatan Saintifik berdasarkan Destinasi Pantai Padang

Elvisa, Gita Oktia (2021) Pengembangan E-book Edupark IPA dengan Pendekatan Saintifik berdasarkan Destinasi Pantai Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_GITA_OKTIA_ELVISA_18175013_1417_2021.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA dengan memanfaatkan destinasi wisata dapat mengamati objek dan fenomena secara lebih nyata. Destinasi wisata sebagai sumber belajar dalam bentuk wisata edukasi disebut dengan edupark. Kenyataannya, pembelajaran IPA di sekolah SMPN 3 Padang dilaksanakan dengan metode ceramah, bahan ajar yang digunakan belum terhubung langsung dengan edupark dan bahan ajar masih berbentuk cetak. Usaha untuk mengatasi setiap permasalahan terutama dalam pembelajaran IPA seiring perkembangan Abad 21 pendidikan dituntut harus mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperlancar proses pembelajaran. Salah satunya dengan penggunaan bahan ajar non cetak berupa buku elektronik (e-book).Oleh karena itu dikembangkan e-book edupark IPA dengan pendekatan saintifik berdasarkan destinasi pantai Padang. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan e-book edupark IPA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah Design Research dengan tipe Development Studies menggunakan model Plomp dengan langkah-langkah Prelimanary Research, Development or Prototyping Phase, dan Assessment Phase. Instrumen penelitian adalah lembar analisis peserta didik dan pendidik, lembar instrument validitas dan praktikalitas, lembar validasi e-book edupark, angket respon pendidik dan peserta didik, serta untuk keefektivan dilihat dari hasil pretest dan postest peserta didik SMP N 3 Padang. Hasil penelitian menunjukkan e-book edupark yang dikembangkan memenuhi kategori valid berdasarkan penilaian ahli. E-book edupark memenuhi kategori sangat praktis berdasarkan hasil angket respon pendidik dan peserta didik. Keefektivan e-book edupark dengan kategori sedang berdasarkan hasil peningkatan pengetahuan peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan e�book edupark.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:28
Last Modified: 28 Sep 2021 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34130

Actions (login required)

View Item View Item