Re-Kondisi Perbaikan Tool Post dan Sistem Pengereman pada Mesin Bubut Maximat No. Mᴣ 2620 di Laboratorium Pemesinan Teknik Mesin FT-UNP

Jamris, Muhammad Hidayat (2021) Re-Kondisi Perbaikan Tool Post dan Sistem Pengereman pada Mesin Bubut Maximat No. Mᴣ 2620 di Laboratorium Pemesinan Teknik Mesin FT-UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_MUHAMMAD_HIDAYAT_JAMRIS_16072066_683_2021.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Mesin Bubut Maximat No. Mᴣ 2620 merupakan mesin yang tidak bisa di operasikan. Mesin ini tidak bisa digunakan kerena banyaknya komponen yang tidak lengkap. Komponen yang tidak lengkap seperti Tool Post dan sistem pengereman. Tujuan dari maintenance ini antara lain untuk memperbaiki serta melengkapi komponen pada mesin bubut yang tidak bisa dioperasikan. Pengerjaan dilaksanakan di Laboratorium Pemesinan Teknik Mesin FT-UNP. Manfaat dari maintenance ini antara lain untuk mengurangi jumlah mesin yang rusak, serta untuk merekondisi mesin dari keadaan rusak berat menjadi baik serta bisa dioperasikan. Proses re-kondisi yang dilakukan yaitu dengan cara mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada mesin, melakukan pembongkaran pada bagian mesin yang mengalami kerusakan, kemudian melakukan pembersihan, penggantian, pelumasan, pemasangan, dan pengujian terhadap proses dari kerja mesin. Setelah melakukan perawatan dan perbaikan maka diperoleh hasilnya yaitu komponen yang menglami kerusakan, berkarat, kotor, kurang pelumasaan, dan komponen yang tidak berfungsi sudah diperbaiki, sehingga mesin tersebut sudah dapat digunakan kembali untuk pelaksanaan praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Sep 2021 00:25
Last Modified: 28 Sep 2021 00:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34127

Actions (login required)

View Item View Item