Pengembangan Buku Siswa IPA Terpadu dengan Tema Indera Penglihatan dan Alat Optik Menggunakan Tipe Connected Terintegrasi Pembelajaran Abad 21

Weri, Firda (2021) Pengembangan Buku Siswa IPA Terpadu dengan Tema Indera Penglihatan dan Alat Optik Menggunakan Tipe Connected Terintegrasi Pembelajaran Abad 21. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FIRDA_WERI_17175013_1414_2021.pdf

Download (700kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan salah satu wujud usaha pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan tuntutan abad 21. Melalui kurikulum 2013 pembelajaran IPA dilaksanakan secara terpadu bukan parsial antara fisika, biologi, dan kimia. Namun faktanya dilapangan pembelajaran IPA belum dilakukan secara terpadu masih terpisah antara fisika, biologi dan kimia. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa bahan ajar atau buku siswa belum disajikan dalam bentuk terpadu dengan tema dan belum mengintegrasikan keterampilan-keterampilan dalam menghadapi tantangan abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah buku siswa IPA Terpadu dengan Tema Indera Penglihatan dan Alat Optik Menggunakan Tipe Connected Terintegrasi Pembelajaran Abad 21 yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal, prototipe atau pengembangan, dan penilaian. Ujicoba dilakukan di SMPN 13 Kerinci. Data dalam penelitian ini adalah data analisis awal akhir, data validasi, data praktikalitas, dan data efektivitas. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar analisis, lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar penilaian dan observasi keterampilan abad 21, dan soal. Data penelitian pendahuluan, validitas, praktikalitas, serta efektivitas untuk keterampilan abad 21 dianalisis dengan statistik deskriptif. Data validitas juga dianalisis menggunakan formula aiken’s V, sedangkan nilai pengetahuan dianalisis menggunakan formula N-Gain. Hasil dari analisis awal menunjukkan perlunya pengembangan buku siswa IPA Terpadu dengan tema indera penglihatan dan alat optik menggunakan tipe connected terintegrasi pembelajaran abad 21. Selanjutnya, penelitian ini telah menghasilkan buku siswa IPA Terpadu dengan tema indera pengihatan dan alat optik menggunakan tipe connected terintegrasi pembelajaran abad 21 dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:39
Last Modified: 27 Sep 2021 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34118

Actions (login required)

View Item View Item