Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 2 Padang

Ferdiansyah, Ferdiansyah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FERDIANSYAH_16138031_2866_2021.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendanya hasil belajar dan kurangnya media pembelajaran sebagai pendukung pembelajaran terhadap guru dan siswa kelas X Jurusan Tenik Komputer Jaringan pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Padang. Penelitian ini dengan tujuan adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website yang dirancang untuk pengembangan media pembelajaran yang valid, praktis, efektif, efesien serta interaktif. Media ini yang sudah dikembangkan akan membantu siswa lebih aktif dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga siswa lebih mandiri dalam mengembang ilmu pengetahuan. Pembelajaran dapat dilakukan di kelas maupun di luar kelas dan kapanpun untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakann Four-D yaitu terdiri dari Define, Design, Developt, dan Desenimination. Data yang digunakan data primer, data yang langsung dari sumbernya yaitu antara lain pakar sebagai ahli validasi data yang valid, pendidik dan peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif pada kevalidan data, kepraktisan terhadap pendidik dan peserta didik serta efektif pada media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini dapat diperoleh dari pengembangan media sebagai alat yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar seacara online. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media dan Materi yang digunakan valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 0,88 dan kepraktisan respon pendidik sebesar 0,95, respon peserta didik 0.83sedangkan efektifitas yang diperoleh dari pretest dan postest terhadap peserta didik dalam meningkatkan ketuntasan dalam belajar sebesar 50%. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis website ini valid, praktis serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:39
Last Modified: 27 Sep 2021 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34114

Actions (login required)

View Item View Item