Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Wisatawan pada Daya Tarik Wisata Pantai Air Manis Kota Padang

Aritonang, Husni Azhari (2021) Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Wisatawan pada Daya Tarik Wisata Pantai Air Manis Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_HUSNI_AZHARI_ARITONANG_16135176_2021.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara penulis pada bulan yang lalu yaitu pada bulan januari 2021 mengenai keluhan wisatawan yang dibuktikan dengan butuhnya penunjuk arah / signage dikasawan Pantai Air Manis untuk memudahkan wisatawan. Tidak adanya petugas penjaga pantai sehingga wisatawan merasa kurang aman ketika berada di Pantai Air Manis, selanjutnya banyak kondisi ATV yang tidak sesuai keinginan wisatawan dan bermasalah. Kemudian banyaknya ditemukan sampah ditepi pantai sehingga tidak sesuai dengan harapan wisatawan saat berkunjung. Adanya keluhan wisatawan tentang kondisi toilet yang kotor. Harga masuk wisata tidak sesuai dengan yang diharapkan wisatawan, jika dihari libur . Harga masuk tidak sesuai dengan kualitas yang di berikan kepada wisatawan. Berdasarkan permasalahan diatas penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tentangharga di pantai air manis kota padang, 2) Mendeskripsikan tentang kepuasan wisatawan di pantai air manis kota padang, dan 3) Menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan wisatawan di daya tarik wisata pantai air manis kota padang. Jenis penelitian digolongkan kepada penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode asosiatif kausal dengan uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke pantai air manis kota padang yang berjumlah 3.405 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 98 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala likert terdiri dari 20 soal yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskripsi data dan uji regresi linear sederhana serta nilai koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Harga berada pada kategori baik (52,04%), (2) Kepuasan Wisatawan berada kategori baik (60,20%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana didapat hasil koefisien regrsi sebesar 0,843 dengan sig. 0,000 < 0,05, artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan harga akan meningkatkan 1 satuan kepuasan wisatawan. Kemudian nilai R Square sebesar 0,203. Artinya harga mempengaruhi kepuasan wisatawan sebesar 20,3%, sedangkan 79,7% di pengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Sep 2021 00:38
Last Modified: 27 Sep 2021 00:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34099

Actions (login required)

View Item View Item