Pengembangan Buku Guru IPA Terpadu Tipe Immersed Bermuatan Karakter pada Tema Energi Listrik Makhluk Hidup dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains

Febrilla, Febrilla (2020) Pengembangan Buku Guru IPA Terpadu Tipe Immersed Bermuatan Karakter pada Tema Energi Listrik Makhluk Hidup dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FEBRILLA_16175010_3868_2021.pdf

Download (769kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru IPA terpadu adalah guru yang merupakan lulusan Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, atau Pendidikan Kimia, sehingga pembelajaran IPA belum dilaksanakan secara terpadu dan masih terpisah antara Fisika, Biologi atau Kimia. Kebanyakan guru belum mempraktikkan model pembelajaran IPA terpadu dan mengalami kesulitan merancang pembelajaran IPA terpadu dalam pembelajaran fisika, biologi dan kimia. Selain itu, masih kurangnya perangkat pembelajaran baik buku guru dan buku siswa yang mendukung pembelajaran IPA terpadu disekolah, keterpaduan bidang ilmu belum diikat dengan tema, dan buku penunjang khususnya buku guru yang digunakan belum terintegrasi nilai-nilai karakter dan belum ada langkah pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains yang dapat melatih aspek keterampilan peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut dalam pembelajaran guru menggunakan buku guru. Buku guru merupakan salah satu implementasi kurikulum 2013 yang mendukung proses pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa pembelajaran IPA disekolah membutuhkan buku guru IPA yang menerapkan pembelajaran terpadu yang dapat mendukung pembelajaran. oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan sebuah buku guru IPA terpadu tipe immersed bermuatan karakter pada tema energi listrik makhuk hidup dengan pendekatan keterampilan proses sains yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal, prototipe atau pengembangan dan penilaian. Data dalam penelitian ini adalah data analisis kebutuhan, data validasi, data praktikalitas, dan data efektivitas. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar analisis, lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar efektivitas. Pemberian skor pada instrumen menggunakan skala likert dan dianalisis dengan deskriptif presentase. Sedangkan data validasi dianalisis dengan formula Aiken’s. Hasil penelitian menunjukkan buku guru IPA terpadu tipe immersed bermuatan karakter pada tema energi listrik makhuk hidup dengan pendekatan keterampilan proses sains memiliki kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Sep 2021 00:37
Last Modified: 27 Sep 2021 00:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34091

Actions (login required)

View Item View Item