Pengembangan LKPD interaktif model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning terintegrasi literasi fungsional pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas X

Samudra, Elmi Yanto Adhar (2021) Pengembangan LKPD interaktif model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning terintegrasi literasi fungsional pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas X. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ELMI_YANTO_ADHAR_SAMUDRA_18175007_1413_2021.pdf

Download (816kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran Fisika di sekolah belum optimal terlihat pada rendahnya kompetensi peserta didik. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang tersedianya LKPD yang memfasilitasi kegiatan belajar peserta didik aktif dan mandiri. LKPD hendaknya dapat menjangkau seluruh gaya belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran, pendekatan, kegiatan literasi dan pemanfaatan teknologi. Salah satu LKPD yang bisa dikembangkan dengan teknologi berupa LKPD interaktif. Tujuan penelitian ini secara umum untuk menghasilkan LKPD interaktif model inquiry based learning dengan pendekatan contextual teaching and learning terintegrasi literasi fungsional pada pembelajaran Fisika SMA kelas X dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket studi pendahuluan, angket validitas, angket praktikalitas, lembar observasi sikap, tes tertulis, dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk analisis studi pendahuluan dan uji praktikalitas. Analisis validitas menggunakan rumus Aiken’s V dan uji efektivitas menggunakan analisis N-Gain pada kompetensi pengetahuan. Produk divalidasi oleh tenaga ahli dan diujicobakan ke sejumlah peserta didik SMA Negeri 15 Padang. Hasil penelitian diperoleh LKPD interaktif model inquiry based learning dengan pendekatan contextual teaching and learning terintegrasi literasi fungsional berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata 0,87. Uji praktikalitas penggunaan LKPD Interaktif oleh pendidik 92,71 % dan peserta didik memperoleh nilai rata-rata 92,30% berada pada kategori sangat praktis. Penggunaan LKPD interaktif berada pada kriteria efektif, hal ini terlihat pada peningkatan kompetensi pengetahuan dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,65 berada pada kategori sedang. Pencapaian kompetensi sikap sangat baik dan kompetensi keterampilan baik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa LKPD interaktif dapat meningkatkan kompetensi peserta didik SMA kelas X. Oleh karena itu, LKPD interaktif layak diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran Fisika disekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Sep 2021 00:34
Last Modified: 27 Sep 2021 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34077

Actions (login required)

View Item View Item