Etnobotani Upacara Adat Batagak Penghulu dan Batagak Kudo-kudo di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar

Putri, Novia Anas (2021) Etnobotani Upacara Adat Batagak Penghulu dan Batagak Kudo-kudo di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_NOVIA_ANAS_PUTRI_17032028_2070_2021.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

Salah satu budaya Nagari Tabek yang ada di Minangkabau yaitu upacara adat batagak kudo-kudo yang masih dilakukan hingga sekarang. Dalam mendukung pelaksanaannya masyarakat memanfaatkan tumbuhan dalam upacara adat tersebut. Pemanfaatan tumbuhan dalam upacara adat sangat penting tergantung etnis yang menggunakannya. Untuk mengetahui jenis, peran pemanfaatannya secara tradisional dalamupacara-upacara adat sesuai dengan suku bangsa suatu daerah maka telah dilakukan penelitian etnobotani dalam upacara batagak penghulu dan batagak kudo-kudo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2021, dengan pengambilan sampel di Nagari Tabek, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar. Identifikasi sampel dilakukan di Laboratorium Botani Jurusan Biologi Universitas Negeri Padang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif menggunakan metode survey dan observasi dan koleksi tumbuhan, kemudi ananalisis data tabulasi secara kualitatif untuk mendeskripsikan pengetahuan masyarakat mengenai pemanfaatan jenis-jenis tumbuhan dalam upacara adat batagak penghulu dan batagak kudo-kudo dengan dukungan pustaka ilmiah, data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel. Dalam pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara kepada informan yang terdiri dari kepala datuak dan masyarakat yang berumurdiatas 30 tahun keatas sebayak 10 orang diantaranya 3 orang datuak, 5 orang masyarakat dan 2 orang remaja. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil tumbuhan yang digunakan dalam upacara adat batagak penghulu dan batagak kudo-kudo 17 species dari 13 familia. Pada upacara batagak penghulu digunakan 5 species dan pada upacara batagak kudo-kudo digunakan 11 species. Bagian yang digunakan adalah batang, daun danbuah. Cara pemanfaatan tumbuhan dalam upacara batagak penghulu dan batagak kudo-kudo adalah dengan cara diikat, digantung, dan ditanam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Sep 2021 00:34
Last Modified: 27 Sep 2021 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34074

Actions (login required)

View Item View Item