Pengaruh Ekstrak Daun Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus Blume Miq)Terhadap Pemulihan Siklus Estrus Mencit (Mus. Musculus L. Swiss Webster)

Musaddad, Musaddad (2021) Pengaruh Ekstrak Daun Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus Blume Miq)Terhadap Pemulihan Siklus Estrus Mencit (Mus. Musculus L. Swiss Webster). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MUSADDAD_17032155_2017_2021.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Ekstrak daun kumis kucing mengandung flavonoid, alkaloid dan isoflavon memiliki imunomodulator organ-organ reproduksi. Siklus estrus dipengaruhi oleh hormon, maka ekstrak daun kumis kucing yang mengandung flavonoid, alkaloid, dan isoflavon diduga bisa digunakan untuk memulihkan siklus estrus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian ekstrak daun kumis kucing ( Orthosiphon aristatus (Blume) Miq) terhadap pemulihan siklus estrus mencit (Mus mus cul us L. Swiss Webster). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL ), dengan 4 perlakuan dan 6 pengulangan. Ekstrak daun kumis kucing diberikan secara oral menggunakan jarum gavage satu kali sehari selama 24 hari dengan perlakuan A (kontrol), B (0,035 mg/ekor), C (0,135 mg/ekor) dan D (0,175 mg/ekor). Penentuan fase siklus estrus menggunakan metode vaginal smear (apusan vagina). Data yang dihasilkan diuji menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dengan p<0,05 dan uji lanjut dengan uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT). Hasil penelitian menunjukkan panjang siklus estrus pada perlakuan A 5,26 hari, B 6,5 hari, C 5,74 hari, dan D 4,54 hari. Pada perlakuan A, C, dan D ditemukan kembali siklus yang normal. Sementara pada perlakuan B siklus masih dalam keadaan di perpanjang. Dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun kumis kucing dapat memulihkan siklus estrus pada perlakuan A, C, dan D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2021 06:43
Last Modified: 24 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34060

Actions (login required)

View Item View Item