Persepsi Pengunjung Tentang Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan Sumatera Barat.

Cania, Annisa (2021) Persepsi Pengunjung Tentang Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ANNISA_CANIA_16135143_501_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Persepsi pengunjung merupakan evaluasi dan sumber informasi bagi pengelola terhadap konsep sapta pesona yang diterapkan di objek wisata. Terdapat permasalahan yang ditemukan pada Objek Wisata Pantai Carocok Painan yaitu masih adanya pemungutan parkir liar, tempat parkir yang kurang tertib, sampah yang masih berserakan, kurangnya pepohonan sehingga suasana terasa kurang sejuk, tidak adanya variasi tanaman, kurangnya keramahan dari penduduk sekitar dan kurangnya kenangan yang dihasilkan dari masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Pengunjung Tentang Sapta Pesona Di Objek Wisata Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pengunjung yang sedang berkunjung ke Pantai Carocok Painan yang berjumlah 9.818 orang. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik insidental sampling (100 orang). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dengan skala likert yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan rumus penelitian rata-rata ideal (Mi), dan standar deviasi (Sdi). Hasil penelitian menunjukkan secara umum persepsi pengunjung tentang Sapta Pesona di Objek wisata Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan Sumatera Barat termasuk kategori baik dengan nilai skor 71%. Sapta pesona dilihat dari indikator aman berada pada kategori cukup baik dengan nilai skor 72%, pada indikator tertib berada pada kategori cukup baik dengan nilai skor 72%, pada indikator bersih berada pada kategori cukup baik dengan nilai skor 62%, pada indikator sejuk berada pada kategori baik dengan nilai skor 69%, pada indikator indah berada pada kategori baik dengan nilai skor 75%, pada indikator ramahtamah berada pada kategori baik dengan nilai skor 66%, dan pada indikator kenangan berada pada kategori baik dengan nilai skor 57%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:59
Last Modified: 24 Sep 2021 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34058

Actions (login required)

View Item View Item