Kesiapsiagaan Pengelola Wisata dan Pedagang dalam Mengantisipasi Bencana Gempa dan Tsunami di Kawasan Wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman.

Rahman, Andika (2020) Kesiapsiagaan Pengelola Wisata dan Pedagang dalam Mengantisipasi Bencana Gempa dan Tsunami di Kawasan Wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_01_ANDIKA_RAHMAN_6_15045044_2020.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapsiagaan pengelola wisata dan pedagang dalam mengantisipasi bencana gempa dan tsunami di Kawasan Wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengelola wisata di kawasan wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman yang berjumlah 10 orang dan pedagang yang berjumlah 120 orang yang terdata oleh dinas pariwisata. Sampel penelitian ini ditetapkan dengan teknik sampling insidental, teknik pengambilan sampel untuk pengelola wisata adalah sampel jenuh (total sampling) yaitu, 10 orang pengelola wisata dan untuk pedagang menggunakan menggunakan rumus Slovin dengan toleransi kesalahan sebesar 10% sehingga berjumlah 55 orang pedagang di Kawasan Wisata Pantai di Kota Gandoriah Pariaman. Data tingkat kesiapsiagaan Pengelola Wisata dan pedagang diperoleh melalui penyebaran angket yang kemudian dijadikan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesiapsiagaan terkait pengetahuan bencana gempa bumi dan tsunami dikategorikan siap untuk pengelola wisata (76.8%), dan untuk pedagang dikategorikan kurang siap (70.5%). Terkait tentang rencana tanggap darurat bencana pada pengelola wisata dikategorikan siap (74,8%), dan untuk pedagang dikategorikan kurang siap (66%). Terkait sistem peringatan bencana pengelola wisata dikategorikan siap (73,75%), dan untuk pedagang berada pada kategori kurang siap (70,2%). Terkait mobilisasi sumber daya pengelola wisata dikategorikan siap (73.5%), dan pedagang dikategorikan kurang siap (64,3%). Dari keempat parameter di atas dapat disimpulkan bahwa kesiapsiagaan pengelola wisata berada pada ketegori siap yaitu (74,8%), sedangkan kesiapsiagaan pedagang berada pada kategori kurang siap yaitu (68.2%), oleh karena itu, pelatihan dan sosialisasi tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami di kawasan wisata pantai Gandoriah Kota Pariaman perlu diterapkan secara rutin dan berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:59
Last Modified: 24 Sep 2021 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34054

Actions (login required)

View Item View Item