Publikasi Ilmiah Dan Karya Inovatif Guru Geografi Sekolah Menengah Atas Di Kota Pariaman

Lathif, Abdul (2020) Publikasi Ilmiah Dan Karya Inovatif Guru Geografi Sekolah Menengah Atas Di Kota Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_01_ABDUL_LATHIF_1491_15045057_2020.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mempersentasekan, menganalisis serta mendeskripsikan: 1) angka publikasi ilmiah; 2) karya inovatif guru geografi sekolah menengah atas di Kota Pariaman; dan 3) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru geografi di Kota Pariaman dalam membuat publikasi ilmiah dan karya inovatif. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 14 orang guru geografi di Kota Pariaman, pemilihan sampel dilakukan dengan metode total sampling, yaitu menggunakan seluruh total populasi sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, angket,dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis persentase. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, pembuatan publikasi ilmiah dan karya inovatif guru geografi sekolah menengah atas di Kota Pariaman belum baik, hal ini bisa terlihat dari angka persentase publikasi ilmiah guru berdasarkan hasil laporan penelitian dibidang pendidikan (57,1%), berdasarkan tulisan ilmiah (7,1 %), dan berdasarkan publikasi buku teks (0%) atau tidak ada sama sekali guru geografi yang membuat dan berdasarkan bahan ajar (35,7%) . Sedangkan pada karya inovatif guru memiliki angka persentase yaitu, berdasarkan media pembelajaran (28,6%), berdasarkan seni dalam pembelajaran (21,4%), berdasarkan metode pembelajaran (35,7%). Hal tersebut juga disebabkan oleh adanya kendala pada guru dalam pembuatan publikasi ilmiah dan karya inovatif berupa kurangnya pemahaman tentang cara maupun prosedur pembuatan publikasi ilmiah dan karya inovatif, kurangnya pelatihan-pelatihan mengenai publikasi ilmiah dan karya inovatif, kurangnya budaya membaca dan menulis dari para guru serta kurangnya motivasi guru dalam membuat publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:58
Last Modified: 24 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34053

Actions (login required)

View Item View Item