Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Objek Wisata Buper Guak Lago Kabupaten Lima Puluh Kota

Pratama, Gavi Rahmat (2021) Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Objek Wisata Buper Guak Lago Kabupaten Lima Puluh Kota. Project Report. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_GAVI_RAHMAT_PRATAMA_17135154_3861_2021.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan penulis terdapat beberapa masalah seperti pengunjung merasa kesulitan menuju objek wisata karena tidak adanya penunjuk arah jalan. Akses jalan yang rusak sehingga berdampak buruk pada keselamatan pengunjung ketika cuaca hujan. Tidak adanya tempat sampah yang di sediakan di sekitar objek wisata sehingga menyebabkan sampah berserakan dan menganggu kenyamanan pengunjung. Kurang terawatnya kebersihan musholla dan toilet di objek wisata. Hal ini membuat pengunjung merasa tidak puas dan tidak merekomendasikan kepada pengunjung lainnya untuk mengunjungi Buper Guak Lago. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh Fasilitas Objek Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Objek Wisata Buper Guak Lago agar dapat meningkatkan kepuasan pengunjung yang berdampak pada jumlah kunjungan pada objek wisata Buper Guak Lago. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan metode asosiatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel X (fasilitas wisata) dan variabel Y (kepuasan pengunjung). Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Buper Guak Lago, total sampel 70 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisoner yang di bagikan kepada responden. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data fasilitas wisata (X) secara keseluruhan menunjukkan persentase 50% dengan kategori baik. Kepuasan Pengunjung (Y) secara keseluruhan menunjukan persentase 31,4% dengan kategori cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa hasil uji regresi linear sederhana di atas diperoleh nilai F hitung 26.571 dengan sign 0.000 < 0.05 maka model regresi dapat dipakai. Artinya variabel Fasilitas Objek Wisata (X) berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Pengunjung (Y), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dan hasil uji koefisien determinasi diperoleh R square 0,281 artinya kontribusi variabel Fasilitas Objek Wisata (X) dan Kepuasan Pengunjung (Y) adalah 28,1% sedangkan 71,9% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:53
Last Modified: 24 Sep 2021 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34043

Actions (login required)

View Item View Item