Inventarisasi Jenis Anura di Kawasan Rawa Sagu (Metroxylon sagu Rottb ), Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang

Kentino, Mallvino (2021) Inventarisasi Jenis Anura di Kawasan Rawa Sagu (Metroxylon sagu Rottb ), Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MALLVINO_KENTINO__17032023_3765_2021.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Kawasan rawa sagu merupakan kawasan dataran rendah, terletak di antara pemukiman yang rentan terhadap kerusakan habitat Anura akibat pengambilan batang sagu untuk dijual, kawasan rawa sagu juga dijadikan area pemukiman dengan dibangunya perumahan, dan sarana publik lainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis Anura yang terdapat di kawasan rawa sagu (M sagu). Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2020 hingga januari 2021 di kawasan rawa sagu (Msagu) Kel. Pasie Nan Tigo, Kee. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Metode yang digunakan adalah Visual Encounter Survey (VES) dengan menentukan titik 8 survei untuk pengambilan data. Data yang diperoleh dimasukan kedalam tabel jenis Anura dengan membuatkan status konservasi masing-masing jenis Anura yang ditemukan. Hasil penelitian didapatkan 10 spesies yang terdiri dari 4 famili yaitu: Ranidae (4 spesies), Dicroglossidae (3 spesies), Microhylidae (2 spesies), dan Rhacophoridae (1 spesies). Spesies yang ditemui dari famili Ranidae adalah: Chalcorana parvaccola, Hylarana erythraea, Indosylvirana nicobariensis, dan Pulchrana glandulosa. Spesies yang ditemui dari famili Dicroglossidae adalah: Fejervarya cancrivora, Limnonectes blythii, dan Occidozyga sumatrana. Spesies yang ditemui dari famili Microhylidae adalah: Microhyla sp. dan Kaloula pulchra. Spesies yang ditemui dari famili Rhacophoridae adalah: Polypedates leucomystax.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:57
Last Modified: 24 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34039

Actions (login required)

View Item View Item