Pengembangan E-modul Hidrolisis Garam Berbasis Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA/MA

Rosanna, Desi Lisa (2021) Pengembangan E-modul Hidrolisis Garam Berbasis Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DESI_LISA_ROSANNA_19176004_3518_2021.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Era revolusi industri 4.0 merupakan era digitalisasi terutama pada bidang pendidikan sehingga dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul hidrolisis garam berbasis guided discovery learning, serta menentukan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul hidrolsisis garam yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan dengan menggunakan model Plomp. Model ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap investigasi awal, tahap pembuatan prototype, dan tahap penilaian. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket, dan tes hasil belajar. E-modul divalidasi oleh enam orang validator ahli materi dan tiga orang ahli media. E-modul diujicobakan kepada tiga orang guru dan 30 orang peserta didik di SMA N 14 Padang. Hasil uji validitas dan praktikalitas e-modul dianalisis dengan formula Aiken’s V. Hasil uji efektifitas e-modul dianalisis dengan formula N-Gain dengan bantuan SPSS 23. Hasil validitas konstruk e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0.90 dan validitas ahli media e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0.87 dengan kategori memiliki kevalidan yang tinggi. Hasil Praktikalitas e-modul oleh guru dan siswa diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0.93 dan 0,85 dengan kategori kepraktisan yang tinggi. Hasil uji efektifitas e-modul diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul hidrolisis garam berbasis GDL untuk meningkatkan HOTS siswa yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:56
Last Modified: 24 Sep 2021 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34035

Actions (login required)

View Item View Item