Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Parai City Garden Sawahlunto

Sepdiwinata, Jerri (2019) Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Parai City Garden Sawahlunto. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
A_04_JERRI_SEPDIWINATA_979_14135026_2019.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya meningkatkan kepuasaan karyawan dalam melakukan pekerjaan di Hotel Parai City Garden. Hal ini terlihat dari beberapa keluhan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan di Hotel Parai City Garden Sawahlunto yang di tinjau dari : (a) Kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri, (b) Kepuasan terhadap imbalan dari pekerjaan itu, (c) Kepuasan terhadap supervisi atau atasan, (d) Kepuasan terhadap rekan sekerja, (e) Kesempatan Promosi Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan : Human Resources Department hotel, dan karyawan yang bekerja di Hotel Parai City Garden Sawahlunto. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang meliputi tiga alur kegiatan yaitu : reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa hal yang berkaitan dengan tingkat kepuasan kerja karyawan di Hotel Parai City Garden Sawahlunto yaitu : 1) untuk Kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri sudah sangat baik karena hotel menerapkan sistem kekeluargaan sehingga membuat karyawan nyaman dengan pekejaanya, kemudian untuk fasilitas yang disediakan memang sudah cukup baik akan tetapi karyawan membutuhkan loker untuk menyimpan barang bawaanya. 2) Kepuasan terhadap imbalan atau gaji sudah sangat baik, dan untuk keterlambatan penerimaan gaji yang tidak lama juga tidak dipermasalahkan oleh karyawan. 3) Kepuasan terhadap supervisi atau atasan sudah baik, karena adanya sistem kekeluargaan di hotel membuat tidak adanya perbedaan antara atasan dan bawahan, sehingga membuat lingkungan kerja yang harmonis. 4) Kepuasan terhadap rekan kerja sudah baik, karena sudah bisa bekerja sama dalam tim dan mampu mengemban tanggung jawab atas pekerjaan itu sendiri, kamudian komunikasi antar sesame karyawan berjalan dengan baik didalam maupun diluar lingkungan kerja. 5) Kesempatan Promosi sudah ada dan merata terhadap seluruh karyawan, akan tetapi untuk naik jabatan karyawan harus memiliki kriteria yang telah ditetapkan manajemen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:55
Last Modified: 24 Sep 2021 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34029

Actions (login required)

View Item View Item