Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Matriks Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Sarti, Lialy (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Matriks Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LIALY_SARTI_17029064_2366_2021.pdf

Download (953kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan komponen penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Dalam kurikulum 2013 dituntut agar peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang diutamakan dalam kurikulum 2013 guna melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Akan tetapi, berdasarkan hasil investigasi awal, diperoleh informasi bahwa LKPD yang digunakan dalam proses pembelajaran masih kurang mampu memfasilitasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam menemukan suatu konsep atau prinsip yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada materi matriks yang valid dan praktis dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan model Plomp yang terdiri atas tiga fase yaitu preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Pada preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik sehingga diperoleh karakteristik sementara dari LKPD yang dikembangkan. Pada fase development or ptototyping phase dilakukan pembuatan prototype LKPD berbasis discovery learning pada materi matriks. Setelah itu, dilakukan evaluasi formatif terhadap prototype LKPD yang telah dibuat yang terdiri atas evaluasi sendiri, evaluasi perorangan, dan evaluasi kelompok kecil. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh LKPD berbasis discovery learning pada materi matriks yang valid dan praktis. Karakteristik LKPD berbasis discovery learning yang valid adalah (1) menyajikan masalah kontekstual yang dekat dengan kehidupan peserta didik dan dapat merangsang rasa ingin tahu peserta didik; (2) kegiatan pembelajaran pada LKPD terdiri atas kegiatan stimulation, problem statement, data collection, data processing, dan generalization; (3) materi pada LKPD disajikan secara sistematis; (4) materi pada LKPD mengacu pada kurikulum 2013; ( 5) isi LKPD disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik; ( 6) LKPD menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami serta jenis tulisan yang jelas dan mudah dapat dibaca; serta (7) desain tampilan LKPD menarik dari segi tata letak, huruf, wama, dan gambar. Karakteristik LKPD berbasis discovery learning yang praktis adalah ( 1) LKPD mudah digunakan karena adanya petunjuk yang lengkap, jelas, dan mudah dipahami serta ukuran huruf jelas dan mudah dibaca; (2) waktu dalam mengerjakan LKPD efisien; (3) kombinasi warna dan penyajian LKPD menarik sehingga peserta didik menjadi tertarik dan bersemangat untuk belajar; (4) bahasa, perintah, maupun pertanyaan pada LKPD jelas dan mudah dipahami; ( 5) peserta didik terbantu dalam memahami materi pembelajaran dan menemukan konsep atau prinsip yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:54
Last Modified: 23 Sep 2021 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34015

Actions (login required)

View Item View Item