Maulidia, Citra (2021) Pengembangan Modul Pelatihan Penguatan Sebagai Upaya Peningkatan High Touch Guru. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_1_CITRA_MAULIDIA_17151014_3848_2021.pdf Download (468kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan proses pembelajaran tidak lepas dari keberadaan guru. Terciptanya suasana belajar yang efektif perlu adanya hubungan kelekatan antara guru dan siswa. Penguatan yang diberikan guru mempengaruhi tingkat keaktifan dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan produk berupa modul pelatihan penguatan sebagai upaya peningkatan high touch guru yang valid secara isi dan tampilan, (2) menghasilkan modul pelatihan penguatan sebagai upaya peningkatan high touch guru yang praktis digunakan, (3) menghasilkan modul pelatihan penguatan yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian terdiri dari 6 orang ahli untuk menguji kelayakan, 2 orang Konselor, dan 18 orang guru untuk menguji keterpakaian modul. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul penguatan guru dilihat dari isi modul yang dikembangkan berada pada kategori layak, dan sangat layak dari segi tampilan, (2) tingkat keterpakaian modul pelatihan penguatan sebagai upaya peningkatan high touch guru berada pada kategori baik, dan (3) modul pelatihan penguatan guru efektif digunakan untuk meningkatkan penguatan guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 03:54 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 03:54 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34014 |
Actions (login required)
View Item |