Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstekstual untuk Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP /MTs

Suryani, Kartika (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstekstual untuk Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP /MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_KARTIK_SURYANI_15029010_661_2021.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaram (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk peserta didik kelas VIII berbasis pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa RPP dan LKPD berbasis pendekatan kontekstual yang valid dan praktis. J enis penelitian pengembangan ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tahap Preliminary (investigasi awal), Prototyping (fase pengembangan), dan Assessment Phase (fase penilaian). Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Pada fase pengembangan dilakukan evaluasi formatif yang terdiri atas perancangan dan evaluasi sendiri, validasi oleh pakar dan evaluasi perorangan. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika. Pada fase evaluasi perorangan, LKPD diuji cobakan pada 3 orang peserta didik kelas VIII SMPN 3 Sungai Limau yang memiliki kemampuan kognitif heterogen. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap angket respon guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual untuk peserta didik kelas VIII SMP pada materi pola bilangan yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:56
Last Modified: 23 Sep 2021 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34000

Actions (login required)

View Item View Item