Efektivitas Konseling Cognitive Behavior Modification untuk Menangani Kejenuhan Belajar Siswa

Iskandar, Arief Hakim (2021) Efektivitas Konseling Cognitive Behavior Modification untuk Menangani Kejenuhan Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ARIEF_HAKIM_ISKANDAR_1208837_967_2021.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Hasil grand tour dan studi pendalaman yang menunjukkan berbagai kejenuhan belajar dialami oleh siswa kelas XI SMKN 9 Padang. Untuk membantu mengatasi hal ini perlu suatu pendekatan dalam suatu model konseling. Model konseling yang diterapkan adalah konseling Cognitive Behavior Modification yang bertujuan melihat perbedaan kejenuhan belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum dan setelah diberikan Konseling, serta perbandingan antara kedua kelompok tersebut Penelitian ini menggunakan rancangan The Non Equivalent Control Group yang tergolong ke dalam bentuk rancangan Quasi Eksperiment Subjek penelitian adalah siswa kelas XI, berjumlah 13 orang kelompok kontrol dan 13 orang kelompok eksperimen yang teridentifikasi memiliki kejenuhan belajar yang sangat tinggi. Instrumen penelitian menggunakan skala kejenuhan belajar yang telah memenuhi persyaratan instrumen penelitian, kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Kolmogorov Smirnov 2 Independent Samples dengan bantuan SPSS 20. Temuan penelitian ini memperlihatkan secara umum pendekatan CBM melalui layanan konseling format kelompok efektif untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa. Secara khusus: (1) terdapat perbedaan skor yang signifikan pada kejenuhan belajar siswa kelompok eksperimen, di mana skor rata-rata sesudah perlakuan lebih rendah secara signifikan dibanding sebelum perlakuan, (2) terdapat perbedaan skor yang signifikan pada kejenuhan belajar siswa kelompok kontrol, di mana skor rata-rata sesudah perlakuan mengalami penurunan secara signifikan, (3) terdapat perbedaan skor yang signifikan pada kejenuhan belajar siswa kelompok eksperimen yang mengikuti konseling pendekatan CBM melalui layanan konseling format kelompok dengan kelompok kontrol yang mengikuti bimbingan kelompok tanpa menggunakan pendekatan CBM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:56
Last Modified: 23 Sep 2021 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33999

Actions (login required)

View Item View Item