Tinjauan Pembelajaran Pada Mata Kuliah Praktik Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan

Arista, Elsa (2021) Tinjauan Pembelajaran Pada Mata Kuliah Praktik Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan. Project Report. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ELSA_ARISTA_16078046_2163_2021.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang kejadian yang terjadi saat ini yaitu tentang pandemi covid-19 yang semakin merajalela hingga saat ini, sehingga banyaknya sekolah dan perguruan tinggi yang melaksanakan pembelajaran secara daring dari rumah untuk mencegah penyebaran virus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat mahasiswa jurusan tata rias dan kecantikan terhadap perkuliahan praktik yang dilakukan secara daring dilihat dari segi proses belajar mengajar, kapabilitas dosen (Kompetensi dosen), dan sarana prasarana praktik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa jurusan tata rias dan kecantikan sebanyak 46 orang yang diantaranya 21 orang angkatan 2018 dan 25 orang Angkatan 2019. Variable penelitian adalah variable tunggal. Instrument penelitian menggunakan angket dengan skala Likert yang jumlah pernyataan sebanyak 60 item. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran praktik secara daring di masa pandemi covid-19 di jurusan tata rias dan kecantikan sebesar 77,95% dengan kriteria sedang. Tinjauan pembelajaran praktik secara daring mencakup 3 indikator yaitu proses belajar mengajar praktik, kapabilitas dosen (kompetensi dosen) dan sarana prasarana praktik. Pembelajaran pada matakuliah praktik secara daring dilihat dari indikator proses belajar mengajar dengan hasil sebesar 80,40% dengan kriteria baik. Pembelajaran pada mata kuliah praktik secara daring dilihat dari segi kapabilitas dosen (kompetensi dosen) dengan hasil sebesar 82,13% dengan kategori baik. Dan pembelajaran pada mata kuliah praktik secara daring dilihat dari segi sarana dan prasarana praktik dengan hasil sebesar 71,32% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi para mahasiswa untuk melaksanakan perkuliahan praktik secara daring dengan bersungguh-sungguh dengan menyediakan sarana dan prasarana praktik agar praktik yang kita laksanakan secara daring dapat berjalan sesuai dengan tujuan perkuliahan nya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:55
Last Modified: 23 Sep 2021 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33996

Actions (login required)

View Item View Item