Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbentuk lnfografis tentang Materi Sistem lmun pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Putra, Indra (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbentuk lnfografis tentang Materi Sistem lmun pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_INDRA_PUTRA_17031020_3918_2021.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik memahami materi pembelaj aran biologi khususnya pada materi sistem imun pada manusia karena tidak ada gambar-gambar yang jelas untuk mendukung penjelasan, kurang menarik (tidak berwarna), bahasa yang digunakan sulit dipahami. Solusi permasalahan ini adalah dengan mengembangkan media pembelajaran biologi berbentuk infografis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran biologi berbentuk infografis tentang materi sistem imun pada manusia untuk peserta didik Kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D models, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Kelayakan produk media pembelajaran berbentuk infografis diukur berdasarkan validitas media dan praktikalitas media. Media pembelajaran berbentuk infografis divalidasi oleh 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru Biologi SMAN 7 Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh 1 guru Biologi dan 35 peserta didik di SMAN 7 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan produk berupa media pembelajaran biologi berbentuk infografis. Hasil uji validitas diperoleh nilai rata- rata adalah 88, 11 % dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas dengan guru diperoleh nilai rata-rata 85% dengan kriteria praktis dan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik diperoleh nilai rata-rata 85,24% dengan kriteria praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa media pembelajaran Biologi berbentuk infografis tentang materi sistem imun pada manusia untuk peserta didik SMA/MA yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:55
Last Modified: 23 Sep 2021 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33994

Actions (login required)

View Item View Item