Pengaruh Tayangan Youtube Beauty Vlogger terhadap Perilaku Konsumtif Kosmetik pada Mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang

Susanti, Elsik trisna and Rosalina, Linda (2020) Pengaruh Tayangan Youtube Beauty Vlogger terhadap Perilaku Konsumtif Kosmetik pada Mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Jurnal Tata Rias dan Kecantikan, 2 (2). pp. 30-40. ISSN 2714 – 5433

[img]
Preview
Text
Rosalina_Linda_Prngaruh_Youtube_Beuty_Vlogger.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jitrk.ppj.unp.ac.id/index.php/jitrk/article...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tayangan YouTubebeauty vlogger yang dapat mempengaruhi mahasiswi berperilaku konsumtif kosmetik. Hal tersebut dilihat dari perilaku mahasiswi yang sering membeli produk kosmetik dengan fungsi sama namun merk yang berbedabeda, menjadikan kosmetik sebagai kebutuhan primer, selain itu mahasiswi juga sering membeli kosmetik baru sedangkan masih memiliki kosmetik yang belum habis pakai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayangan YouTube beauty vlogger terhadap perilaku konsumtif kosmetik pada mahasiswi Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan Universitas Negeri Padang angkatan 2017 dan 2018 sebanyak 239.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.Teknik yang digunakan Propotionate Stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60.Selanjutnya data dianalisis melalui tingkat pencapaian responden, uji regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian Tingkat pencapaian responden tayangan YouTube beauty vloggersebesar 87,98% dengan kategori tinggi.Tingkat pencapaian responden perilaku konsumtif kosmetik pada mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang sebesar 88,8% dengan kategori tinggi.Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada tayangan youtube beauty vlogger terhadap perilaku konsumtif kosmetik mahasiswi Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang pada taraf signifikan 5% dengan nilai

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 22 Sep 2021 07:23
Last Modified: 22 Sep 2021 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33986

Actions (login required)

View Item View Item