Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lubuk Alung

Putri, Indah Aditya (2021) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_INDAH_ADITYA_PUTRI_16029112_1314_2021.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dikuasai peserta didik. Kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah ini masih rendah. Hal ini terlihat pada rendahnya nilai tes yang diberikan kepada peserta didik yang memuat indikator pemecahan masalah matematis. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lubuk Alung 2020/2021 yang belajar menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lubuk Alung tahun pelajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 86,85 dan rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik pada kelas kontrol yaitu 80,0. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:59
Last Modified: 22 Sep 2021 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33973

Actions (login required)

View Item View Item