Pengaruh Penggunaan E-modul Berbasis Project based learning terhadap Hasil Belajar Konstruksi Jalan dan Jembatan Siswa Kelas XI Di SMKN 1 Sumatera Barat

Perdana, Christina Mentari (2021) Pengaruh Penggunaan E-modul Berbasis Project based learning terhadap Hasil Belajar Konstruksi Jalan dan Jembatan Siswa Kelas XI Di SMKN 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_CHRISTINA_MENTARI_PERDANA_16061057_133_2021.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang menariknya media pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan serta guru belum mampu menyesuaikan pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan penerapan Kurikulum 2013 sehingga memberikan dampak kurang baik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana hasil dari penggunaan e-modul berbasis Project based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan siswa kelas XI SMKN 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini eksperimental semu dan rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Adapun penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Sumatera Barat. Penggunaan sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 15 orang siswa rombel A sebagai kelas eksperimen dan 18 orang siswa pada rombel B sebagai kelas kontrol. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan pretest mengukur pengetahuan awal siswa dan kemudian diberikan posttest untuk mengukur pengetahuan siswa setelah diberi pengajaran.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui hipotesis dari penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis didapatkan thitung 2.204 > ttabel dengan taraf signifikansi 5% = 2.0239, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan e-modul berbasis Project Based Learning dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan di kelas XI DPIB SMKN 1 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:59
Last Modified: 22 Sep 2021 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33968

Actions (login required)

View Item View Item