Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan 4C pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Semester II

Hanivah, Hanivah (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan 4C pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Semester II. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_HANIVAH_17031144_3844_2021.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Abad 21 merupakan proses yang menekankan peserta didik agar memliki keterampilan belajar. Keterampilan belajar yang harus dimiliki peserta didik pada Abad 21 yaitu keterampilan 4C ( critical thinking) berpikir kritis, (creative thinking) berpikir kreatif, (communication) komunikasi, dan (collaboration) kerja sama. Guru dituntut untuk mampu mengimplementasikan proses pembelajaran dengan menekankan keterampilan 4C. Untuk mendukung proses pembelajaran tersebut diperlukan media berupa bahan ajar yang dapat mengasah keterampilan 4C. Bahan ajar berupa buku cetak merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam implementasi Kurikulum 2013. Salah satu bahan ajar yang mendukung implementasi Kurikulum 2013 adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD biologi yang layak digunakan adalah yang mudah diterima oleh peserta didik, menarik, dan mudah dipahami. Hasil observasi yang dilakukan, LKPD yang digunakan belum semua mengarahkan peserta didik pada keterampilan 4C. Sedangkan peserta didik sangat antusias menggunakan LKPD berorientasi keterampilan 4C yang akan dikembangkan. Oleh sebab itu dikembangkanlah LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester II. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (reseach and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D models. Pada penelitian ini hanya dilakukan tiga tahapan yaitu define, design,dan develop. Objek penelitian ini adalah LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester II. Subjek penelitiannya yaitu dua orang dosen biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMA Negeri 1 Kee. Gunuang Omeh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Data yang didapatkan dari hasil validasi dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester II kriteria sangat valid yaitu rata-rata 95,61% dengan rincian pada aspek kelayakan isi 92,7%, kebahasaan 97,61%, penyajian dan kontruksi 93,18% dan kegrafikaan 98,95%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester II yang sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:34
Last Modified: 22 Sep 2021 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33966

Actions (login required)

View Item View Item