Efektivitas E-Modul Berbasis lnkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Pada Materi Keseimbangan Ion dan pH Larutan Garam

Aulia, Fikri (2021) Efektivitas E-Modul Berbasis lnkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Pada Materi Keseimbangan Ion dan pH Larutan Garam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_FIKRI_AULIA_ 17035138_4118_2021.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar dalam bentuk cetak yang biasa digunakan dapat dirubah ke dalam bentuk elektronik serta dapat ditambahkan media interaktif yang sering disebut dengan e-modul. Bahan ajar berupa e-modul berbasis inkuiri terbimbing yang diintegrasikan dengan virtual laboratory dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri baik itu di sekolah maupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengujikan efektivitas dari e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam yang sudah valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group design. Tempat penelitian di SMAN 5 Padang dengan populasinya siswa kelas XI SMAN 5 Padang tahun ajaran 2020/2021 serta pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan soal berbentuk multiple choice. Pengujian n-gain kelas eksperimen didapatkan nilai g = 0,59 dan pengujian hipotesis dari kelas sampel didapatkan nilai sig(2 - tailed)< 0,05. Analisis data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima dimana hasil belajar kelas yang menggunakan e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas yang tidak menggunakan e-modul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:06
Last Modified: 22 Sep 2021 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33956

Actions (login required)

View Item View Item