Pembuatan Video Edukasi Bibliocrime di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat

Ahmad, Syaiful (2020) Pembuatan Video Edukasi Bibliocrime di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SYAIFUL_AHMAD_17026079_2274_2020.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tindakan bibliocrime yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, (2) mendeskripsikan proses pembuatan video edukasi bibliocrime di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, dan (3) mendeskripsikan hasil uji coba video edukasi bibliocrime di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan cara bertanya langsung kepada Kepala Seksi Bidang Promosi Dan Layanan Perpustakaan Ibu Yelvi Oktavia, S.Ip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, tindakan bibliocrime yang terjadi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat berupa pencurian koleksi, perobekan koleksi, pencoretan koleksi dan pelipatan lembaran koleksi (vandalisme), serta peminjaman tidak sah. Meskipun pustakawan tidak secara langsung melihat pemustaka melakukan tindakan bibliocrime. Kedua, proses pembuatan video ada tiga tahap, yaitu tahap pra produksi berupa observasi dan wawancara yang menghasilkan informasi mengenai bibliocrime dan pembuatan storyboard. Kemudian tahap produksi, yaitu mengumpulkan alat dan bahan. Setelah itu melakukan pembuatan video dengan langkah-langkah dalam aplikasi Adobe Premiere CC 2015. Tahap pasca produksi merupakan tahap akhir dengan langkah�langkah editing, mixing, dan rendering. Ketiga, hasil uji coba video dilakukan dengan memperlihatkan video, kemudian memberikan angket yang berisi sepuluh indikator. Angket tersebut diberikan kepada sepuluh pemustaka dengan skala penilaian “ya” atau “tidak”. Hasil uji coba tersebut mendapat tanggapan yang cukup bagus dari pemustaka. Dari 10 indikator yang diisi sepuluh pemustaka mendapatkan hasil 87%, sehingga dapat disimpulkan video edukasi sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:42
Last Modified: 22 Sep 2021 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33944

Actions (login required)

View Item View Item