Pengembangan Modul Mobile learning Menggunakan ATutor Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 9 Padang Berorientasi Literasi Skill Revolusi Industri 4.0.

Yetri, Widia Mai (2021) Pengembangan Modul Mobile learning Menggunakan ATutor Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 9 Padang Berorientasi Literasi Skill Revolusi Industri 4.0. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_WIDIA_MAI_YETRI_16033067_1809_2021.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Saat ini Indonesia telah memasuki revolusi industri 4.0 sehingga pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi bagian penting dalam berbagai lini pekerjaan dan aktivitas masyarakat sehari-hari. Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sistem pendidikan, kurikulum, dan metode pembelajaran harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan sains. Namun sistem pendidikan di Indonesia yang ada saat ini belum optimal dalam menyiapkan lulusan yang mampu selaras dengan pekembangan revolusi industri 4.0 yaitu yang memiliki kemampuan literasi. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengembangan modul mobile learning menggunakan atutor yang berorientasi literasi skill revolusi industri 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik modul fisika dan validitas modul fisika yang berorientasi literasi skill revolusi industri 4.0. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan pengembangan Sugiyono. Langkah penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan adalah dari pengumpulan potensi dan masalah, kemudian pengumpulan data dan informasi yang ada di SMA Negeri 9 Padang, mendesain produk, dan melakukan validasi dengan dosen fisika FMIPA UNP. Instrument yang digunakan adalah lembar wawancara dan observasi pada tahap pengumpulan potensi dan masalah, kemudian lembar instrument uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan mendeskripsikan validitas produk. Setelah dilakukan tahap validasi dan revisi produk, didapatkan dua hasil penelitian. Pertama, karakteristik kevalidan produk dalam hal substansi materi, desain pembelajaran, tampilan (komunikasi visual), dan pemanfaatan software. Kedua, modul mobile learning menggunakan atutor yang berorientasi literasi skill revolusi industri 4.0 memiliki kevalidan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:42
Last Modified: 22 Sep 2021 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33937

Actions (login required)

View Item View Item