Pengaruh Penambahan Pati sebagai Cross/inker Terhadap Performa Komposit Selulosa Bakteri-Ekstrak Daun Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-Sinensis L )

Mayendra, Egidia (2021) Pengaruh Penambahan Pati sebagai Cross/inker Terhadap Performa Komposit Selulosa Bakteri-Ekstrak Daun Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-Sinensis L ). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_EGIDIA_MAYENDRA_17036009_3666_2021.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Selulosa bakteri dapat diaplikasikan di berbagai bidang seperti bidang biomedis, membran pemisah, pembuluh darah buatan, dan substrat untuk rekayasa jaringan tulang rawan. Selulosa bakteri masih memiliki sifat mekanik yang rendah, sehingga terbentuk komposit selulosa bakteri dengan ekstrak daun kembang sepatu (KSB-EDKS) untuk mendapatkan bahan barn yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peugaruh penambahan Pati sebagai pengikat silang terhadap sifat mekanik, fisik, dan struktur KSB-EDKS. Selulosa bakteri dihasilkan dari campuran air kelapa, gula dan urea. Kemudian difermentasi dengan acetobacter xylinum selama 14 hari. Selulosa bakteri yang terbentuk secara komposit dengan daun kembang sepatu disebut ekstrak selulosa bakteri daun kembang sepatu (KSB-EDKS). KSB-EDKS akan dikarakterisasi dengan pengujian kuat tarik, kadar air, analisis struktur menggunakan FTIR dan penentuan derajat kristalinitas menggunakan XRD. Penambahan crosslinker dapat menurunkan persentase kadar air KSB-EDKS. Basil uji kuat tarik terbaik adalah KSB-EDKS ditambah larutan tepung pati 3% dengan nilai 38,3 MPa, spektrum FTIR menunjukkan gugus fungsi pada selulosa barn saja bergeser pada rentang nilai bilangan gelombang yang sama dan untuk derajatnya. Peningkatan kristalinitas penambahan Pati sebagai pengikat silang dapat menurunkan derajat kristalinitas pada KSB-EDKS..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Sep 2021 00:57
Last Modified: 22 Sep 2021 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33910

Actions (login required)

View Item View Item