Perbedaan Pengulangan Pencelupan Terhadap Hasil Warna Pada Bahan Katun Dengan Ekstrak Kulit Terluar Kayu Manis (Epidermis Cassiavera) Menggunakan Mordan Baking Soda (Natrium Bikarbonat)

Fitrimelia, Annisa (2021) Perbedaan Pengulangan Pencelupan Terhadap Hasil Warna Pada Bahan Katun Dengan Ekstrak Kulit Terluar Kayu Manis (Epidermis Cassiavera) Menggunakan Mordan Baking Soda (Natrium Bikarbonat). Project Report. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ANNISA_FITRIMELIA_16075058_1115_2021.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Pencelupan pada bahan alami dapat memanfaatkan sumber daya alam, yang memenuhi kebutuhan manusia khusus nya dalam pewarnaan tekstil, maka peneliti memilih menggunakan pewarna alami yaitu kulit terluar kayu manis (epidermis cassiavera), sebagai ekstrak pada penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mendeskrpisikan nama warna (hue), gelap terang warna (velue), dan kerataan warna pada perbedaan pengulangan pencelupan terhadap hasil warna dari ekstrak kulit terluar kayu anis (epidermis cassiavera), terhadap bahan katun mengguakan mordan baking soda (natrium bikarbonat), dengan teknik post-mordanting, pencelupan dilakukan sebanyak 5,10, dan 15 pengulangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Data yang digunakan yaitu data primer yang besumber dari 15 panelis. Metode penelitian menggunakan kuisoner (angket) yang disusun dengan skala likert dan pilihan jawban Racting Scale. Data yang terkumpul dianalisis dan diolah menggunakan uji frandmanK-related sampel aplikasi SPSS (Statistical Produc Service Solusions) versi 23.0 Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan hasil warna (hue) 5 kali pengulangan pencelupan menghasilkan warna Light Brown #EDBE82, 10 kali pengulangan pencelupan menghasilkan warna Muddy Waters Brown #BF8C5B, dan 15 kali pengulangan pencelupan menghasilkan Muddy Waters Brown #B07446 . gelap terang (velue) pada 5 kali pencelupan menghasilkan cukup terang, 10 kali pencelupan menghasilan gelap, dan 15 kali pencelupan menghasilkan gelap. Hasil kerataan 5 kali pencelupan rata, 10 kali pencelupan rata, dan 5 kali pencelupan sangat rata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Sep 2021 00:53
Last Modified: 22 Sep 2021 00:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33905

Actions (login required)

View Item View Item