Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Jasa Boga Mata Pelajaran Tata Hidang di Sekola SMK Negeri 2 Bukittinggi

Putri, Sri Lara (2019) Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Jasa Boga Mata Pelajaran Tata Hidang di Sekola SMK Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
A_01_SRI_LARA_PUTRI_982_1202144_2019.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap lingkungan sekolah yang dekat dengan keramaian pasar yang membuat siswa tidak konsentrasi dalam belajar. Selain dari itu juga dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tata Hidang masih banyak di bawah KKM. Sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran Tata Hidang juga masih kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah hubungan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan lingkungan sekolah dengan hasil belajar siswa kelas XII Jasa Boga mata pelajaran Tata Hidang di sekolah SMK Negeri 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Jasa Boga SMK Negeri 2 Bukittinggi yang berjumlah 63 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan pengukuran skala Likert yang sudah di uji coba terlebih dahulu. Analisi data penelitian menggunakan rumusan korelasi Product Moment dan reliabilitas angket di uji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian mnyimpulkan bahwa lingkungan sekolah SMK Negeri 2 Bukittinggi berada dalam kategori kurang baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas XII Jasa Boga mata pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 2 Bukittinggi. Hubungan antara variabel lingkungan sekolah SMK Negeri 2 Bukittinggi dengan variabel hasil belajar siswa kelas XII Jasa Boga sebesar 0.107.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Sep 2021 00:57
Last Modified: 22 Sep 2021 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33900

Actions (login required)

View Item View Item