Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terstruktur Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Kelas XI SMA/MA

Rahma, Diny Hazita (2021) Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terstruktur Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DINY_HAZITA_RAHMA_16035107_2964_2021.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Materi larutan penyangga merupakan materi pelajaran kimia SMA kelas XI semester genap. Pembelajaran saat ini menggunakan pendekatan saintifik yang dapat diisi dengan berbagai model pembelajaran salah satunya adalah inkuiri terstruktur. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul larutan penayngga berbasis inkuiri terstruktur dan menguji validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Model pengembangan adalah model Four-D (4-D) yang terdiri dari empat langkah: define (pendefenisisan),design (perancanangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi pada langkah pengembangan. Instrumen penelitian adalah lembar validasi dan praktikalitas. Modul ini divalidasi oleh 5 validator. Praktikalitas modul diuji oleh 2 orang Guru Kimia dan 16 peserta didikkelas XI SMAN 1 Pangkalan pada semester Januari-Juni 2021. Data validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula Aiken's V. Rata-rata Aiken's V dari 5 orang validator adalah sebesar 0,83 dengan kategori kevalidan tinggi dan uji praktikalitas modul oleh guru dan peserta didikmasing-masing 0,81 dan 0,82 dengan kategori kepraktisan tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul larutan penyangga berbasis inkuiri terstruktur telah valid dan praktis untuk digunakan pada pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Sep 2021 00:56
Last Modified: 22 Sep 2021 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33891

Actions (login required)

View Item View Item