Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan 4C pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Semester II

Islami, Desi Fajri (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan 4C pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Semester II. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DESI_FAJRI_ISLAMI_17031134_3847_2021.pdf

Download (860kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan perlu mempersiapkan diri untuk memasuki revolusi 4.0 dengan melakukan berbagai perubahan dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu yang hams dipersiapkan adalah peserta didik hams memiliki keterampilan kompetensi, yang dikenal dengan keterampilan abad 21. Keterampilan 4C yang dimaksud yaitu kompetensi untuk komunikasi (communication), kolaborasi (collaboration), berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah (critical thinking and problem solving), serta kreativitas dan inovatif (creativity and innovation). Untuk mewujudkan hal tersebut, sebagai seorang guru maka memerlukan suatu bahan ajar yang dapat mengasah keterampilan tersebut. Bahan ajar yang dapat digunakan salah satunya yaitu LKPD yang memuat keterampilan 4C. Berdasarkan hasil analisis dokumen LKPD, diketahui LKPD yang dibuat belum memuat keempat aspek keterampilan 4C. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran Biologi Kelas XI Semester II. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) menggunakan tiga tahap model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop), untuk tahapan penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah validator yang terdiri dari dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMAN 1 Batusangkar yang menilai tingkat kevalidan dari produk LKPD yang dikembangkan, dan objek penelitian ini adalah LKPD berorientasi keterampilan 4C. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh dari hasil uji validitas menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Kemudian, data yang diperoleh dari hasil validasi dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKPD berorientasi keterampilan 4C pada materi Biologi kelas XI semester II. Dari hasil uji validitas, diperoleh nilai rata-rata uji validitas 96,73% kriteria sangat valid dengan rincian pada aspek kelayakan isi 91,6%, kebahasaan 97,6%, penyajian dan konstruksi 97,72 %, serta kegrafikaan 100%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran Biologi Kelas XI Semester II sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Sep 2021 00:55
Last Modified: 22 Sep 2021 00:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33878

Actions (login required)

View Item View Item