Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Data Panel

Ikhsan, Aulia (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Data Panel. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_AULIA_IKHSAN_17037008_1220_2021.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia menjadi salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur hasil pembangunan di suatu wilayah. Pembangunan Manusia adalah suatu proses untuk memperbanyak pilihan-pilihan yang dimiliki manusia. Indeks Pembangunan Manusia di Sumaterea Barat terns meningkat dari tahun ke tahun, walaupun begitu Sumatera Barat berada di posisi ke tiga di Pulau Sumatera.Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model regresi data panel berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. J enis data yang digunakandalam penelitian ini adalah data sekunder, data didapatkan dari Publikasi Sumatera Barat Dalam Angka yang di terbitkan oleh Badan Pusat Statistik. Data yang diolah di ambil dari tahun 2015-2020. Pada penelitian ini yang menjadi sumber variabel dependen (Y) adalah data Indeks Pembangunan Manusia dan variabel indenpendennya (X) adalah rasio guru dan siswa SMP /MTs, rasio sekolah dan siswa SMP /MTs, jumlah puskesmas, jumlah tenaga medis dan paramedis, persentase rumah tangga yang memiliki akses terhadap sumber air minum layak, kepadatan penduduk, PDRB Perkapita, tingkat pengangguran terbuka. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menghasilkan sebuah Fixed Effect Model (FEM) beserta beberapa faktor yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia, sebagai berikut: Y = 70, 20833 + 0, 000407X7 + 0, 134573X8 dengan demikian faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Barat adalah PDRB (X7) dan Tingkat Pengangguran Terbuka (X8) dengan nilai keofisien konstanta sebesar 70,20833 hal ini menunjukkan bahwa pengaruh PDRB terhadap indeks pembangunan manusia berpengaruh positif dengan besamya koefisien 0,000407. Pengaruh tingkat pengangguran terbuka terhadap Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh positif dengan besamya koefisien 0, 134573.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:09
Last Modified: 21 Sep 2021 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33867

Actions (login required)

View Item View Item