Pengembangan E-Lkpd Termokimia Terintegrasi Stem-Pjbl Dengan Menggunakan Flip Pdf Profesional Software

Afridhonal, Afridhonal (2021) Pengembangan E-Lkpd Termokimia Terintegrasi Stem-Pjbl Dengan Menggunakan Flip Pdf Profesional Software. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_AFRIDHONAL_16035054_1011_2021.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan model pendekatan STEM, yang biasanya diintegrasikan dengan model pembelajaran PjBL, diharapkan mampu meningkatkan ketertarikan, minat, motivasi, aktivitas dan kreativitas siswa dalam belajar. Sementara itu, materi termokimia, masih dianggap sulit oleh sebahagian besar siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD termokimia terintegrasi STEM-PjB dengan mengunakan Flip Pdf Professional Software. J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model 4-D, yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) define (Pendefenisian), (2) design (Perancangan), (3) develop (Pengembangan), dan (4) disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi hingga uji validitas dan uji praktikalitas, dengan menggunakan instrumen validitas dan praktikalitas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran angket dan analisis data hasil penelitian menggunakan formula Aiken's V . Valadasi e-LKPD ini dilakukan 3 dosen Kimia FMIP A Universitas Negeri Padang dan 2 orang guru Kimia SMA dari sekolah dan uji praktikalitas e-LKPD yang dilakukan oleh 2 orang guru dan 17 orang siswa Kelas XI SMA N egeri 1 Gunung Talang. Berdasarkan hasil analisis angket validitas e-LKPD diperoleh nilai V yaitu 0,884 dengan kategori sangat tinggi dan hasil angket praktikalitas dari respon guru dan peserta didik terhadap e-LKPD berturut-turut sebesar yaitu 0.693 dan 0.744 memiliki kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa, e-LKPD termokimia terintegrasi STEM-PjBL yang dihasilkan telah valid dan praktis, sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:01
Last Modified: 20 Sep 2021 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33843

Actions (login required)

View Item View Item