Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS Pada SMAN 3 Pariaman

Wulandari, Wulandari (2021) Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS Pada SMAN 3 Pariaman. Project Report. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WULANDARI_16053038_2364_2021.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendapatan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XII IPS SMAN 3 Pariaman.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif menggunakan SPSS.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS berjumlah 87 siswa.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling dengan total 87 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan SPSS.Untuk pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis data melalui uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, heterokedaktisitas, analisis jalur, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendapatan orang tua terhadap motivasi belajar siswa, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar belajar.3) Tidak terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar, motivasi belajar saja tidak cukup untuk meningkatkan hasil belajar siswa, namun juga harus didorong oleh pendapatan orang tua siswa untuk meningkatkan hasil belajar. (4). Secara tidak langsung pendapatan orang tua berpengaruh tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar. Motivasi belajar tidak memperkuat ataupun memperlemah pengaruh variabel pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa.Tanpa motivasi, variabel pendapatan orang tua tetap mempengaruhi hasil belajar siswa secara positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS SMAN 3 Pariaman diharapkan kepada orang tua hendaknya lebih memperhatikan kebutuhan belajar anaknya mulai dari fasilitas non makan anak sampai pada makanan anak, supaya siswa memiliki motivasi belajar yang baik sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:31
Last Modified: 20 Sep 2021 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33831

Actions (login required)

View Item View Item