Keanekaragaman Herpetofauna di Perkebunan Kelapa (Cocos nucifera L.) di Desa Simbur Naik Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi

Syarif, Ridwan (2021) Keanekaragaman Herpetofauna di Perkebunan Kelapa (Cocos nucifera L.) di Desa Simbur Naik Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RIDWAN_SYARIF_17032117_2109_2021.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki tingkat kehilangan tutupan hutan primer yang tinggi di dunia. Pendorong utama hilangnya tutupan hutan di Indonesia adalah meningkatnya kebutuhan dunia untuk komoditas perkebunan salah satunya perkebunan kelapa. Herpetofauna adalah salah satu satwa liar yang terkena dampak dari konversi hutan menjadi lahan perkebunan, akan tetapi penelitian komunitas herpetofauna di perkebunan kelapa masih terbatas dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah melihat keanekaragaman herpetofauna di perkebunan kelapa desa Simbur Naik, kecamatan Muara Sabak Timur, kabupaten Tanjung Jabung Timur, provinsi Jambi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di perkebunan kelapa desa Simbur Naik pada bulan Desember 2020-Januari 2021. Pengumpulan data menggunakan metode transect design yang dikombinasikan dengan pitfall trap dan jebakan lem. Transect design berjumlah 10 buah dengan panjang masing-masingnya adalah 50 meter dan lebar kiri dan kanan 1 meter. Masing-masing transect dipasang 1 buah ember jebakan (pitfall trap) dan 5 buah jebakan lem. Herpetofauna pada perkebunan kelapa desa Simbur Naik cenderung tertekan lingkungan. Hasil menunjukan bahwa indeks kekayaan jenis Margalef herpetofauna pada perkebunan kelapa desa Simbur Naik tergolong rendah, Indeks keanekaragaman Shannon-Wiener juga tergolong rendah, Indeks kemerataan jenis yang tergolong sedang dan spesies yang mendominasi adalah Fejervarya limnocharis. Densitas herpetofauna pada perkebunan kelapa desa Simbur Naik adalah 0,1 sampai dengan 3,4 individu/100m^2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:30
Last Modified: 20 Sep 2021 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33823

Actions (login required)

View Item View Item