Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap Corporate Performance pada Bank Umum Syariah di Indonesia dengan Social Performance sebagai Pemediasi

Desvani, Vatri Yulia (2021) Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap Corporate Performance pada Bank Umum Syariah di Indonesia dengan Social Performance sebagai Pemediasi. Project Report. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_VATRI_YULIA_DESVANI_15059043_66_2021.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, atau prinsip hukum Islam. Tujuan akhir yang ingin dicapai dalam suatu perusahaan adalah memperoleh laba atau keuntungan yang maksimal dengan meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan. Sehingga perusahaan perlu melakukan pengukuran kinerja perusahaan (corporate performance) untuk memperlihatkan kepada penanam modal maupun pelanggan atau masyarakat secara umum bahwa perusahaan memiliki kreditibilitas yang baik, dimana corporate performance adalah penentuan ukuran-ukuran tertentu yang dapat mengukur keberhasilan suatu perusahaan dalam menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh good corporate governance terhadap corporate performance pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh perbankan syariah di Indonesia periode 2011-2018 dan sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 88 perusahaan-tahun pengamatan. Data penelitian merupakan data sekunder yang diambil dari situs resmi masing-masing Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Dewan komisaris berpengaruh negatif dan signifikan terhadap corporate performance (2) Dewan pengawas syariah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap corporate performance (3) Komite audit berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap corporate performance (4) kepemilikan institusional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap corporate performance (5) Size berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate performance (6) Age berpengaruh negatif dan signifikan terhadap corporate performance.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Sep 2021 07:49
Last Modified: 17 Sep 2021 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33820

Actions (login required)

View Item View Item