Pembelajaran Etude Fifty Little Flute Studies pada mahasiswa Instrumen Flute Prodi Pendidikan Musik FBS UNP

Hidayamastifa, Rini Arifa (2020) Pembelajaran Etude Fifty Little Flute Studies pada mahasiswa Instrumen Flute Prodi Pendidikan Musik FBS UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RINI_ARIFA_HIDAYAMASTIFA_16023132_1961_2020.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Etude Fifty Little Flute Studies pada mata kuliah mayor I instrumen flute di Prodi Pendidikan Musik FBS Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah menggunakan deskriptif analisis dengan memanfaatkan data kualitatif. Dalam pelaksanaan pembelajaran Etude Fifty Little Flute Studies pada mahasiswa mayor I instrumen flute melibatkan mahasiswa angkatan 2019 yang baru mengambil mata kuliah mayor I. Etude ini dimainkan dalam 3 repertoar. Mata kuliah mayor ini diampu oleh dosen yang bernama Roby Ferdian S.Sn., M.Sn. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Sendratasik Prodi Pendidikan Musik FBS UNP. Salah satu materi yang tepat dalam mengembangkan keterampilan dalam memainkan instrumen flute adalah dengan menggunakan Etude, dalam hal ini salah satu dalam pencapaian belajar (Learning Out Comes) yaitu mahasiswa mampu memainkan lagu pendek (One Part Song Form) dengan baik dan benar. Salah satu materi yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu Etude Fifty Little Flute Studies OP 25 dan Op 26 juga menjadi bahan latihan untuk ABRSM tingkatan/Grade Internasional pada instrumen flute. Maka dalam hal ini peneliti mengkaji proses pembelajaran Etude Fifty Little Flute Studies Op 25 dan Op 26 dengan mencari proses, pengalaman belajar serta evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan, bahwa Etude Fifty Little Flute Studies sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, karena mahasiswa mayor I instrumen flute masih tergolong pemula dan baru mengenal instrumen flute itu sendiri dan kemampuan teoritis seperti menggunakan teknik suspensi, legato dan staccato. Ini terbukti dengan mahasiswa yang melaksanakan proses dengan baik dan berlatih dengan bahan yang telah diberikan, maka mahasiswa tersebut mendapatkan nilai sesuai dengan proses mereka. Keterkaitan antara yang dijelaskan oleh dosen pengampu dengan mahasiswa bersangkutan secara teoritis dan praktis dapat dilakukan dengan baik walaupun tidak terlalu maksimal karena tidak ada kontrol langsung secara tatap muka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:30
Last Modified: 20 Sep 2021 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33817

Actions (login required)

View Item View Item