Fungsi Kesenian Kompangan dalam Pesta Perkawinan Masyarakat Kampung Baru Kelurahan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi

Fajriah, Rahmi (2020) Fungsi Kesenian Kompangan dalam Pesta Perkawinan Masyarakat Kampung Baru Kelurahan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHMI_FAJRIAH_16023028_1770_2020.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Kesenian Kompangan merupakan kesenian musik tradisional bernuansa Islami yang tumbuh dan berkembang di kawasan Melayu. Kesenian Kompangan sering digunakan dalam berbagai acara adat dalam kehidupan masyarakat pendukungnya, salah satunya adalah acara pesta perkawinan masyarakat Kampung Baru. Masalah yang diteliti adalah Bagaimana Fungsi Kesenian Kompangan dalam Pesta Perkawinan Masyarakat Kampung Baru Kelurahan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi?. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan fungsi Kesenian Kompangan dalam pesta perkawinan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Analisis data bergerak dari data yang ada di lapangan, baik dari hasil observasi, wawancara, catatan lapangan, dan studi dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi data, sajian data, dan mengambil kesimpulan. Penelitian ini berpedoman dari teori Alan P. Merriam (1964: 219-226) tentang 10 fungsi musik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesenian Kompangan digunakan dalam berbagai acara adat. Pertama kali digunakan dalam acara pesta perkawinan. Seiring dari berkembangnya zaman, Kesenian Kompangan juga digunakan dalam acara cukuran anak dan khitanan anak sebagai hiburan kepada para tamu yang datang. Kesenian musik kompangan sangat berperan penting bagi masyarakat, terutama dalam pesta perkawinan sebagai musik arak-arakan pengantin laki-laki. Dari kegunaan tersebut, dapat terlihat bagaimana reaksi-reaksi yang terjadi dalam aktivitas masyarakat yang berkaitan dengan fungsi melalui perasaan yang manusia rasakan saat melihat dan mendengarnya, dan ditemukan ada 4 fungsi yaitu; (1) Fungsi ekspresi emosional; (2) Fungsi hiburan; (3) Fungsi komunikasi; dan (4) Fungsi kesinambungan norma-norma kebudayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Sep 2021 07:31
Last Modified: 16 Sep 2021 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33804

Actions (login required)

View Item View Item